RSS Feed

Kamis, 25 November 2010

TUJUAN DAN PERBEDAAN DAFTAR PUSTAKA, KUTIPAN, DAN CATATAN KAKI

<>DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka merupakan daftar sejumlah buku acuan atau referensi yang menjadi bahan utama dalam suatu tulisan, baik tulisan ilmiah maupun non ilmiah. Selain buku, majalah, surat kabar, catatan harian, dan hasil pemikiran ilmuan juga dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis.
-TUJUAN PEMBUATAN DAFTAR PUSTAKA :
1. Untuk memberikan arah bagi para pembaca buku atau karya tulis yang ingin meneruskan kajian atau untuk melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis yang bersangkutan.
2. Untuk memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap penulis buku atau karya tulis yang dirujuk terhadap hasil karyanya yang turut menyumbang peraran dalam penulisan karya tulis yang kita tulis.
3. Menjaga profesionalitas kita (jika kita sebagai seorang penulis karya tulis) terhadap tulisan yang kita buat.

<>KUTIPAN
Kutipan adalah pengambilan alihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argument dalam tulisan itu sendiri.
-TUJUAN PEMBUATAN KUTIPAN :
1. Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
2. Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3. Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.
4. Meningkatkan estetika penulisan.
5. Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.
6. Penjelasan dan Penguat pendapat penulis.
7. Bahan bukti sebagai penunjang pendapat.

<>CATATAN KAKI
Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah Sumber yang lengkap tercantum di dalam daftar kepustakaan. Untuk skripsi/teks sumber dinyatakan dalam bentuk catatan kaki.
-TUJUAN PEMBUATAN CATATAN KAKI :
Catatan kaki dicantumkan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain.

PERBEDAAN DAFTAR PUSTAKA, KUTIPAN, DAN CATATAN KAKI adalah dari segi penempatan dan cara penulisan sumber referensi dari buku, majalah, surat kabar, catatan harian, internet, kamus dan hasil pemikiran ilmuan tetapi ketiganya juga memiliki kesamaan yaitu memiliki tujuan dan fungsi yang sama , yaitu sebagai pernyataan penghormatan kepada orang yang pendapatnya dikutip,dan sebagai pembuktian akan kebenaran kutipan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar